Modifikasi Battery Toshiba L200

Lama ndak nulis posting kok jadi  malu-malu gini, rasanya seperti duduk bersebelahan dengan cewek cantik di angkot pengen menyapa tapi bingung memikirkan kata-kata apa yang pantas untuk mengawali percakapan.

Dengan sedikit menggaruk ngaruk kepala saya mau sedikit keluh kesah mengenai kerusakan  istri laptop Toshiba Satellite L 200 saya, karena cara pemakaian yang membabi buta tanpa mengindahkan cara yang baik dan benar akhirnya laptop menjadi kolap . Suspect terjadi kerusakan di VGA cardnya, yang jadi masalah VGA card integrated dengan motherboard jadi mau ndak mau  harus membeli satu bongkah motherboard . Untuk harga motherboard sekitar 2 jutaan lebih, kalo diitung-itung mending beli laptop lagi yang baru.

Lalu kenapa laptop saya sampai mengalami nasib yang naas seperti itu, kemungkinan besar karena mengalami overheating disebabkan karena:

  • Fan jarang dibersihkan, kisi-kisinya penuh dengan debu sehingga udara panas tidak terbuang secara maksimal.
  • Sering menggunakan laptop diatas kasur, kisi-kisi dibawah laptop tertutupi oleh permukaan lembut
  • Punya Fan colling pad tapi jarang saya gunakan. Untuk pemakaian lama pemakaian fan colling sangat membantu proses pendinginan .

Lalu apakah saya langsung mengganti motherboard saya, tentu saja tidak ( muahal je…) .Dengan niat pengen ngirit akhirnya saya berburu tempat service dan kebanyakan menyarankan penggantian motherboard. Tapi ada satu tempat service yang katanya bisa memperbaiki ( ngakali.jawa) tanpa mengganti motherboard.Tempatnya disalah satu pusat perbelanjaan terbesar NH Batam, nama tokonya TN.

Disinilah ke-pekok-an saya menunjukkan jalan yang benar😀 . Wong sudah tahu harus ganti motherboard  kok ya saya masih percaya sama orang itu. Dia sanggup memperbaiki hanya dengan biaya Rp 700 ribu dalam jangka waktu 2 minggu . Setelah 2 minggu nyatanya laptop belon jadi juga dan dia janjikan 3 hari lagi. Setelah menerima janji dan janji pada kisaran waktu satu setengah bulan laptop dinyatakan selesai menjalani proses perbaikan.

Setelah sampai rumah saya test selama 2 jam penuh tanpa plug in adaptor ( berjalan dengan battery saja) laptop masih berjalan dengan normal . Tapi setelah saya plug in adaptor (charge battery) display jadi flicker (bergaris-garis) sama seperti kondisi sebelom saya servis. Sontoloyooo.Akhirnya saya balikkan lagi ke sana, makan waktu 2 minggu lagi untuk servis.Setelah 2 minggupun orang itu belon juga bisa memperbaikinya (tapi ndak mau mengakui) . Pekok kedua saya masih juga mempercayai orang itu katanya ada orang mau beli laptop saya dengan kondisi seperti itu..hahahahaha. Singkat cerita laptop tetep saya ambil dalam kondisi tetap menggenaskan .

Dari situ saya dapat mengambil kesimpulan tempat service itu : HANYA mengganti battery karena battery asli kepunyaan saya udah tidak bisa menyimpan power lagi. Dengan menggandalkan power dari Battery laptop saya masih bisa berjalan normal . Dan bila adaptor battery ditancepin (plug in) maka display jadi flicker(bergaris-garis) hal ini mungkin disebabkan karena ada kelebihan voltage. Power controllernya tidak berfungsi dengan baik sehingga mengirimkan daya melebihi kapasitas yang dibutuhkan sehingga VGAnya kelebihan daya listrik.

Dengan bantuan teman saya Mas Gata, laptop diobrak-abrik sendiri segala kemungkinan dicoba.Setelah ngobrak-abrik sekitaran motherboard tidak membuahkan hasil.Sampailah ke percobaan pamungkas yaitu memodifikasi battery laptop.

Battery kita bongkar untuk memasang kabel guna menyuntikkan power langsung ke sistem. Jadi seakan sistem dapat suply power dari battery. Battery laptop saya berkapasitas 10 volt 4 A dan adaptor yang saya gunakan untuk menyuntik berkapasitas 12 volt 4 A .Pemasangannya simple cuma dicari kabel positip dan minusnya terus disolder untuk sambungan kabel ke arah adaptor.

bat1

Untuk foto setelah kurangkai dan penampakan akhir akan saya upload secepatnya, soale hari ini cuman ngandalin sinyal GPRS handphone.

Dan akhirnya laptop saya dapat saya gunakan kembali dengan biaya Rp 200 ribu (untuk pembelian adaptor).Walopun sekarang nampak ada kabel menjuntai dibelakang ndak menjadikan masalah yang penting bisa berjalan normal dan yang pasti dengan biaya yang murah.

UPDATE (30 Maret 2011)
Modifikasi yang saya lakukan ternyata cuma sekitar setahunan,akhirnya harus ganti motherboard juga

33 thoughts on “Modifikasi Battery Toshiba L200

  1. @joko : iyo tetep mbayar..wis pusing banget dan tukang servisnya kebanyakan ini dan itu
    @morishige: cara pembongkarannya pake pahat soale mas.. hayoo cepet dibersihin jangan kebanyakan backpacker-an🙂

  2. Ping-balik: ::: almascatie ::: » Bisul

  3. Abis kumur-kumur sempet heran, Battery laptop kapasitas 10 volt 4 A dan adaptor kapasitas 12 volt 4 A. Apa tidak masalah pada voltase yang berbeda?

  4. untuk masalah klasik seri2 toshiba satellite L200 | m200 | A200 dan sejenisnya yaitu laptop kondisi normal klo pakai battery dan begitu adaptor di tancep lcd flicker/lcd gelap/hank dsb…
    hal ini bener kata TS “disebabkan karena ada kelebihan voltage. Power controllernya tidak berfungsi dengan baik sehingga mengirimkan daya melebihi kapasitas yang dibutuhkan sehingga VGAnya kelebihan daya listrik.”
    untuk masalah yg 1 ini ga usah khawatir kami sudah punya solusinya, tinggal tambahin bbrp komponen di motherboardnya di jamin lancar jaya dan garansi 100% pasti bisa garansi.
    silahkan hub saya di 08568076281 email jps_m2m@yahoo.com
    lokasi jakarta

  5. Mas Dhiyaa, kebetulan Laptop saya juga mengalami masalah yang sama. Tipe L200 nya Tosiba. Boleh tau kira-kira berapa biaya untuk solusi yang ditawarkan?

  6. sy punya kasus persis ini, setelah sy coba power adaptor dengan 12 Volt 4A ternyata arus kok tidak masuk? apakah sy harus memasukkan arus dr ujung positif awal 8 volt awal ke tengah dari 2 elemen dan 8 Volt lagi dari tengah ke negatif akhir?

  7. saya juga mengalami hal yang sama.
    tapi saya cukup mengeluarkan uang 400 ribu untuk perbaikan, dan tidak perlu mengganti motherboard. waktu pengerjaan cukup 1 hari saja.
    saran saya cek di jual beli di kaskus. disana banyak penjual yang handal kok.

  8. Ping-balik: Bisul

  9. Saya pernah mengalami hal yang sama, Toshiba Satelitte M200 layar lcd flicker, kadang nge-blank.
    Jalan keluarnya, masuk safe mode, masuk device manager, disable salah satu driver pada display dan disable driver pada processor.
    Semua kembali normal, tanpa harus otak-atik battery.

Tinggalkan Balasan

